Macam - Macam Pegas Suspensi

    Author: mohamad hendra Genre:
    Rating

    Macam - Macam Pegas Suspensi

    Pegas termasuk dalam komponen suspensi yang berguna meredam kejutan dan getaran akibat jalan yang tidak rata. Pegas yang digunkan pada susepensi ada 3 macam yaitu :
    • Pegas koil.. Pegas ini bentuknya seperti lilitan. Pegas inilah yang paling banyak digunakan untuk kendaraan dengan beban ringan. Contohnya pada mobil sedan dan sepeda motor.

     Pegas koil
    • Pegas daun. Bentuknya lembaran panjang. Umumnya digunakan pada kendaraan berbeban berat seperti truk, bus , dll.
    Pegas daun.
    • Pegas batang torsi. Pegas inilah yang sangat jarang dilihat. Pegas ini terbuat dari batang baja, yang tahan terhadap puntiran.
    Pegas batang torsi
    Demikan pengenalan mengenai macam - macam pegas yang digunakan pada suspensi. 

    Monday, 15 April 2013

    Komponen Shockbreker Depan Sepeda Motor

    Komponen Shockbreker Depan Sepeda  Motor
    Berikut ini adalah  komponen dari shockbreker depan sepeda motor Honda:
    1. Slider Garpu: adalah rumah atau casing dari semua komponen shockbreker depan. Slider garpu juga sebagai wadah dari minyak shockbreker.
    2. Sil Oli: berguna untuk menjaga minyak shock tidak keluar dari Slider garpu.
    3. Cincin stopper: berguna untuk menahan agar sil oli tidak bergerak ke atas, akibat adanya tekanan dari minyak shock.
    4. Sil debu: berguna untuk menjaga agar debu tidak masuk ke dalam slider garpu. Sebab debu dapat membuat tabung garpu menjadi lecet atau aus.
    5. Tabung garpu : berguna untuk membuat sekat atau ruang antara slider garpu dan ruang di dalam tabung garpu tersebut. Hal ini disebabkan shockbreker honda menggunakan tipe twin tube ( dua tabung).
    6. Torak garpu: berfungsi sebagai piston yang membagi ruang antara di bawah torak garpu dan di atas torak garpu. Sehingga minyak shock berpindah dari ruang di bawah torak garpu menuju ruang di atas torak garpu, demikian sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk meredam gaya oksilasi  dari pegas garpu dan pegas reaksi.
    7. Pegas reaksi: berguna menerima atau meredam kejutan dari roda. Pegas ini yang pertama kali menerima kejutan dari roda akibat jalan yang tidak rata.
    8. Pegas garpu : berguna untuk menahan gerak torak ke atas. Pegas garpu ini juga meredam kejutan, tapi setelah menerima gaya dari torak garpu. Gaya yang dimaksud adalah kejutan akibat sentuhan roda ke jalan yang tidak rata.
    9. Baut garpu : berguna menutup lubang di atas torak garpu, sehingga minyak shock tidak keluar dari shockbreker. Biasanya di baut garpu terdapat ring sil oli.
    Demikian komponen - komponen shockbreker depan sepeda motor Honda. Untuk sepeda motor merk lain hampir sama, hanya ada sedikit sekali saja perbedaanya. 

    Leave a Reply

    Blogger templates

    Blogger news

    Blogroll